/Sistem Control Tilang Tindak Pidana Umum Kejari Gorontalo

Sistem Control Tilang Tindak Pidana Umum Kejari Gorontalo

Dalam rangka mewujudkan WBK dan WBBM di Wilayah Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Kejaksaan negeri Kota Gorontalo melalui Bidang Tindak Pidana Umum, telah melakukan inovasi berbasis Teknologi untuk membantu Administrasi Pelayanan Tilang yang disebut SISTEM CONTROL TILANG (SCT).

SISTEM CONTROL TILANG bertujuan untuk membantu petugas tilang dalam mengontrol banyaknya pelanggar, denda dan biaya perkara yang tertuang dalam putusan dan yang telah dibayar oleh pelanggar baik pembayaran melalui E-Tilang, Rekening titipan Kejaksaan maupun melalui pembayaran Tunai langsung ke Petugas Tilang. Dengan SISTEM CONTROL TILANG ini petugas tilang dapat secara realtime membuat laporan berupa rekapitulasi, serta daftar pelanggar yang telah melakukan pembayaran untuk memangkas waktu pelaporan ke Atasan Langsung. Disamping itu dengan SISTEM CONTROL TILANG, petugas tilang dapat mengetahui berapa banyak pelanggar, siapa saja pelanggar dan berapa denda/biaya perkara yang belum dan sudah dilakukakn pembayaran, serta perbandingan berupa grafik yang bertujuan sebagai pertanggungjawaban ke Atasan Langsung.

Berbeda dengan E-Tilang, SISTEM CONTROL TILANG memiliki kelebihan membuat Register Hasil Dinas (RHD) dan Register Acara Pemeriksaan Cepat dan Eksekusi (RP-13) secara realtime, yang sebelumnya petugas tilang harus menulis secara manual di buku yang sangat menyita waktu dan pekerjaan. Sistem ini masih dalam tahap pengembangan, apabila masih memiliki kelemahan seiring berjalan waktu maka dipandang perlu untuk melakukan update terbaru sesuai kebutuhan dan kendala yang terjadi dilapangan.   

Untuk Inovasi selanjutnya, Kepala Seksi Tindak Pidana umum akan mengembangkan Sistem Informasi Satu Pintu Tindak Pidana Umum sebagai bentuk keseriusan mewujudkan Kejaksaan Negeri Kota Gorontalo menjadi lebih maju.